Ade Candra's

Welcome to Ade Candra's blog. This is my personal journey I share with all of my family, my friends, and who want to know me closer... Thank you to be here...



Tuesday, April 18, 2006

Bagaimana mengatasi gangguan konsentrasi?

Jika anda termasuk orang yang kehilangan konsentrasi dalam taraf ringan, beberapa tips di berikut ini mungkin dapat mengatasinya.

BERUSAHA FOKUS. Buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Beri setiap pekerjaqan perkiraan waktu. Siapkan perangkat yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaan tersebut. Kerjakan tugas sesuai dengan schedule dan berusaha untuk komitmen dgn schedule yang telah dibuat. Jangan membiarkan diri anda meninggalkan kursi sebelum pekerjaan anda selesai.

SENANTIASA MENDAI. Ketika anda diinterupsi baik sedang berbicara dalam sebuah bekerja melaksanakan tugas atau sedang berbicara dalam sebuah meeting, segera catat apa yang sedang anda lakukan tersebut dan poin pentingnya. Hal ini akan membantu anda untuk menuntaskan pekerjaan atau pembicaraan yang tertunda. Oleh karena itu sediakan selalu buku notes untuk membantu menjaga konsentrasi.

TETAP MENJAGA ALUR PIKIRAN. Kapan pun anda sadar bahwa pikiran anda mulai mengembara, teriaklah "STOP!" dalam pikiran anda. Hal ini akan mengentikan pengembaraan pikiran andadan mengarahkan perhatian pada hal yang harus ada kerjakan.
CATAT GANGGUAN. Jika menyadari bahwa pikiran anda sering mengembara, rekam kapan, atau pada situasi apa perhatian anda mulai melayang. Pelajari catatan ini untuk menemukan apa yang benar-benar membuat anda kehilangan konsentrasi dan kerjakan sesuatu yang dapat mengurangi gangguan tersebut.

MANJAKAN DIRI ANDA. Berjanjilah pada diri sendiri bahwa segera setelah menyelesaikan tugas tertentu , anda akan mendapat imbalan-apapun- dari mulai secangkir kopi atau hadiah yang menarik dan berharga yang dapat anda berikan. yakinkan bahwa anda akan mendapatkannya ketika telah menyelesaikan pekerjaan tersebut.

HIDUP TERATUR & ISTIRAHAT CUKUP. Ritme hidup yang teratur akan membantu ingatan dan konsentrasi. Hindari kerja yang berlebihan. Kurang tidur atau istirahat akan memperburuk kemampuan konsentrasi.

BEKERJA CEPAT. Kurang konsentrasi bisa juga diakibatkan karena pekerjaan yang dihadapi kurang menarik. Cara yang terbaik untuk mengatasi pekerjaan yang tidak menyenangkan adalah menyelesaikan pekerjaan dengan sesegera mungkin. Tekad yang kuat dari diri sendiri saja belum cukup untuk mendorong melakukan pekerjaan yang kurang menarik.

Jika gangguan konsentrasi sampai pada taraf yang serius, maka berkonsultasilah pada psikiatrer. Sejauh ini para ahli mengetahui, penderita gangguan konsentrasi mengalami gangguan genetika fungsi biologis jaringan saraf. Para penderita mengalami kekurangan unsur pembawa pesan dari seperti Dopamin dan Naradrenalin. Karena itu mereka disarankan untuk mengkonsumsi obat perangsang stimulus semacam Ritalin, untuk membantu meningkatkan konsentrasi. namun obat semacam itu tidak dapat menyembuhkan penyakit gangguan konsentrasi. Penggunaannya harus dengan pengawasan psikiater. Selain pemberian obat-obatan, dukungan keluarga, teman, dan kelompok dapat memperbaiki kondisi penderita penyakit ini (IDA S, Nebula 18).

1 Comments:

Anonymous cara melatih konsentrasi said...

menarik sekali pada poin "bekerja cepat" bahwa memang kebanyakan dari kita sulit berkonsentrasi karena apa yang kita lakukan sangat tidak menarik. ritme pekerjaan yang mononton dan pekerjaan yang membosankan bisa berpengaruh pada konsentrasi. salah satu cara/solusinya adalah seperti yang disebutkan di atas. thx...salam kenal

10:10 PM  

Post a Comment

<< Home