Ade Candra's

Welcome to Ade Candra's blog. This is my personal journey I share with all of my family, my friends, and who want to know me closer... Thank you to be here...



Tuesday, April 11, 2006

Gunakanlah listrik dengan aman

Sejak ditemukan, listrik telah membawa perubahan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Tak dapat dipungkiri bahwa listrik tidak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan manusia. Segala aktivitas kehidupan kita pastilah melibatkan energi ini. Selain manfaatnya yang sangat besar, yang perlu juga diwaspadai adalah bahaya, seperti tersengat arus listrik dan kebakaran. Bahaya listrik seringkali terjadi karena kecerobohan manusia, sehingga perlu lebih hati-hati dalam menggunakannya. Berikut ini beberapa tips agar terhidar dari bahaya listrik:

1. Hindari pemakaian kabel murahan, karena kabel murahan kadang tidak sesuai spesifikasi- nya. Isolasinya gampang terkelupas, sehingga kadang tembaganya keluar dari isolasi. Berikut merek kabel yang berkualitas: Jembo, Federal, Supreme, Kabelindo,dan GT kabel .

2. Gunakan ukuran kabel yang sesuai beban arus yang akan dialirkan, bila ukuran kabel terlalu kecil maka kabel akan panas dan dapat terbakar. Untuk pemakaian instalasi di rumah tangga yang berlangganan listrik dengan daya 1300VA atau lebih kecil, maka kabel dengan diameter kawat 1,5 mm cukup aman dipakai. Sedangkan untuk listrik 2200VA atau lebih sebaiknya gunakan kabel 2,5 mm.

3. Hindari pemakaian ROL KABEL, karena sebagian besar rol kabel yang beredar dipasaran tidak memenuhi syarat atau jelek sekali kualitasnya. Diameter kabel yang dipakai juga sangat kecil juga kontaknya gampang kendor sehingga peralatan elektronik anda cepat rusak. Sebaiknya gunakan Stop Contact isi banyak dengan kualitas baik kemudian rakit sendiri dengan kabel yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan arus yang akan dialirkannya.

4. Jangan meletakan rol kabel dilantai, karena selain terlihat semraut juga bisa tersandung oleh orang yang lewat.

5. Hindari pemakaian T- connector, karena T-connector yang berkualitas jelek akan mudah kendor dan panas, sehingga berpotensi terjadi kebakaran.

6. Pasang Grounding yang baik untuk menghindari konsleting litrik, maupun tegangan induksi yang besar bila terjadi petir.

7. Pasang ELCB (Earth Leak Circuit Breaker), circuit pemutus listrik bila terjadi konslet atau ada yang kesetrum.

8. Jangan mengggunakan asesoris listrik (steker, stop-contact, kabel, dll.) yang tidak berkualitas karena ingin menghemat, padahal bahaya yang akan ditimbulkan lebih besar.

9. Bila menyambung kabel, sambunglah dengan cara yang benar.Tidak benar menyambung kabel hanya di pelintir saja kemudian di isolasi-ini berpotensi menimbulkan kebakaran. Juga bisa membuat orang kesetrum. Yang benar anda harus memakai terminal kabel. Kemudian di masukkan kedalam box (T-dus). Kalau terlalu merepotkan maka ganti dengan kabel yang baru.

10. Jangan lakukan pencurian listrik dengan cara apapun. Ingat bahayanya akan bertambah!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home